CARA MENGHITUNG USIA KEHAMILAN

Mungkin hal biasa dilakukan dalam cara menghitung usia kandungan adalah dengan berkonsultasi dengan dokter atau bidan, hal ini memang terbaik dan dianjurkan demi ketepatan penghitungan usia kehamilan. Disamping itu, untuk menghitung usia kehamilan bisa juga dengan USG, terbukti tingkat akurasinya lebih tinggi dengan cara mengukur ukuran tengkorak, panjang janin, ukuran jantung, ginjal, dan sebagainay. Tetapi, tidak ada salahnya untuk mengetahui cara menghitung usia kehamilan dilakukan sendiri.
Cara penggunaan rumus ini adalah dengan menambahkan 7 pada tanggal pertama dari haid terakhir, lalu mengurangi bulan dengan 3 dan menambahkan 1 pada tahunnnya, sedangkan untuk bulan yang tidak bisa dikurangi 3, misalnya Januari, Februari, dan Maret, maka bulannya ditambah 9, tapi tahunnya tetap tidak ditambah atau dikurangi.
Contoh:
Jika HPHT anda adalah 16 nov 2012, maka:
16 -11 – 12
+ – +
7 3 1 23 – 8 – 13 (ini tanggal HPL)
Jadi prediksi waktu kelahiran bayi Anda adalah tanggal 23 agustus 2013, sedangkan untuk usia kehamilan tinggal menghitungnya setiap tanggal 23, jadi pada saat tgl 23 desember, berarti usia kehamilan anda menginjak satu bulan, 23 januari usia kehamilan 2 bulan, dst. Untuk Hari Perkiraan Lahir sebaiknya ditambah tenggang waktu plus atau minus 7 hari.
Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam Menghitung Usia Kehamilan. Jika Anda ingin lebih tepat lagi, Anda bisa membaca buku Panduan Cara Cepat Hamil ditulis oleh dr. Rosdiana Ramli, SpOG, seorang ahli kehamilan sudah banyak membantu ibu sulit hamil sebelumnya.

Subscribe to receive free email updates: